Pengertian Half Past, Quarter Past, dan Past Dalam Pembacaan Waktu

Pengertian Half Past Quarter Past dan Past Dalam Pembacaan Waktu

Pengertian Half Past, Quarter Past, dan Past Dalam Pembacaan Waktu, Saat kita berbicara tentang waktu dalam bahasa Inggris, seringkali kita menggunakan istilah-istilah seperti “half past,” “quarter past,” dan “past.” Namun, tidak semua orang mungkin memahami arti sebenarnya dari istilah-istilah ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan pengertian dan penggunaan dari istilah-istilah tersebut dalam bahasa Inggris, serta bagaimana cara membaca waktu dengan tepat. Simak informasinya di bawah ini!

Pengertian “Half Past” ⏰

Istilah “half past” digunakan untuk mengindikasikan waktu yang telah setengah jam berlalu setelah pukul 12. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini bisa diartikan sebagai “setengah jam.” Jadi, ketika kita mengatakan “half past” diikuti oleh angka, seperti “half past three,” itu berarti waktu adalah setengah jam setelah pukul 3.

Misalnya:

  • Half past two: Artinya waktu adalah setengah jam setelah pukul 2, atau pukul 2:30.

Pengertian “Quarter Past” ⏰

Istilah “quarter past” digunakan untuk mengindikasikan waktu ketika jarum menunjuk ke angka 3 pada jam, dan jarum menit berada di angka 15. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini bisa diartikan sebagai “seperempat jam setelah pukul.” Jadi, ketika kita mengatakan “quarter past” diikuti oleh angka, seperti “quarter past six,” itu berarti waktu adalah seperempat jam setelah pukul 6.

Misalnya:

  • Quarter past nine: Artinya waktu adalah seperempat jam setelah pukul 9, atau pukul 9:15.

Pengertian “Past” ⏰

Istilah “past” digunakan untuk mengindikasikan waktu ketika jarum menit sudah melewati angka 30. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini bisa diartikan sebagai “lewat.” Jadi, ketika kita mengatakan “ten past” diikuti oleh angka, seperti “ten past four,” itu berarti waktu adalah 10 menit lewat setelah pukul 4.

Baca Juga :  Pengertian Underpass, Overpass, dan Flyover

Misalnya:

  • Ten past seven: Artinya waktu adalah 10 menit lewat setelah pukul 7, atau pukul 7:10.

Cara Membaca Waktu dengan Tepat ⏲️

Bagi sebagian orang, membaca waktu dalam bahasa Inggris bisa terasa rumit. Namun, dengan pemahaman yang benar tentang istilah-istilah seperti “half past,” “quarter past,” dan “past,” Anda dapat dengan mudah mengkomunikasikan waktu dengan tepat. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan istilah-istilah ini:

Istilah Contoh Arti Waktu
Half past Half past ten Pukul 10:30
Quarter past Quarter past one Pukul 1:15
Past Ten past five Pukul 5:10

Catatan Penting

  • Jika jarum menit berada di angka 0, kita biasanya menggunakan istilah “o’clock.” Misalnya, “three o’clock” berarti pukul 3 tanpa ada penambahan menit.
  • Beberapa wilayah mungkin memiliki dialek atau istilah regional yang berbeda untuk menyatakan waktu. Pastikan untuk memahami konvensi yang berlaku di daerah Anda.
  • Untuk latihan lebih lanjut, coba berlatih dengan teman atau menggunakan jam analog untuk memahami istilah-istilah waktu ini dengan lebih baik.

Kesimpulan Pengertian Half Past, Quarter Past, dan Past Dalam Pembacaan Waktu

Dalam pembacaan waktu dalam bahasa Inggris, istilah “half past,” “quarter past,” dan “past” adalah kunci untuk memahami waktu dengan akurat. “Half past” mengindikasikan setengah jam setelah pukul, “quarter past” mengindikasikan seperempat jam setelah pukul, dan “past” mengindikasikan waktu lewat. Dengan pemahaman yang benar, Anda dapat dengan mudah mengkomunikasikan waktu kepada orang lain.

FAQ Pengertian Half Past, Quarter Past, dan Past Dalam Pembacaan Waktu

Apa yang dimaksud dengan “o’clock” dalam pembacaan waktu?

“O’clock” digunakan ketika jarum menit berada di angka 0, dan itu menunjukkan pukul lengkap tanpa ada penambahan menit. Misalnya, “five o’clock” berarti pukul 5 tanpa ada penambahan menit.

Apakah ada istilah lain yang digunakan dalam pembacaan waktu?

Ya, istilah-istilah lain seperti “to” dan “before” juga digunakan. “To” digunakan untuk mengindikasikan waktu sebelum pukul, sedangkan “before” digunakan untuk waktu sebelum pukul dengan penjelasan waktu yang lebih spesifik.

Apakah ada perbedaan dalam penggunaan istilah ini di berbagai negara berbahasa Inggris?

Ya, terkadang ada perbedaan regional dalam penggunaan istilah waktu. Sebaiknya pelajari konvensi yang berlaku di daerah Anda atau saat berbicara dengan orang dari berbagai negara.

Sekarang, Anda telah memahami pengertian “half past,” “quarter past,” dan “past” dalam pembacaan waktu. Selamat berlatih dan jadilah mahir dalam mengkomunikasikan waktu dengan tepat!

Hanya Seorang Penulis yang mendalami Ilmu Keluarga serta berbagi pengalaman kepada semua keluarga yang ingin bahagia